UIKA TERIMA VISITING PROFESOR DARI UNIVERSITAS NEGERI BENGKULU
Prof. Dr. Bambang Sahono, M.Pd. selaku Kepala Program Magister Teknologi Pendidikan, Univesitas Bengkulu (UNIB) Kunjungi Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor dalam rangka Visiting Profesor dan Student Mobility antara UIKA Bogor dengan UNIB. Senin (06/03/2023).
Berlokasi di Auditorium Prof. H. Abdullah Siddiq, S.H. dalam kesempatanya Prof. Bambang Menyampaikan Landasan Falsafah Teknologi Pendidikan kepada 100 Peserta Internal yang terdiri dari mahasiswa Magister Teknologi Pendidikan UIKA Bogor, dan tamu undangan serta 18 Mahasiswa UNIB.
Guru Besar Bidang Teknologi Pendidikan UNIB ini menjelaskan bahwa Teknologi Pendidikan sejatinya memiliki 3 landasan falsafah pendidikan yang harus kita ketahui, 3 Falsafah dalam teknologi pendidikan sebagai sebuah disiplin Ilmu itu antara lain ontologi, epistemologi, aksiologi.
Singkatnya ke tiga hal ini adalah apa, bagaimana dan mengapa hal ini kita kaji atau pelajari.
Ontologi masih menurut Prof Bambang, adalah salah satu falsafah dalam teknologi pendidikan meliputi unsur utama yaitu obyek formal “belajar”, Belajar sepanjang hayat dengan adanya obyek belajar tersebut maka didapat istilah pembelajaran, hal ini sesuai dengan perundangan-undangan yang ada yaitu dengan tidak adanya istilah pengajaran, atau Kegitan Belajar dan Mengajar (KBM) yang ada adalah Pembelajaran.
Sebagai sebuah ilmu terapan, teknologi pendidikan dalam aspek epistimologi, obyek telaahnya banyak disumbang dari Ilmu-Ilmu diluar Teknologi Pendidikan, diantaranya Ilmu Komunikasi yang menjadikan guru atau tenaga pendidik segabagai seorang komunikator kita belajar bagaimana cara penyampain pesan yang baik, ada juga Teknologi Informasi yang mengharuskan kita untuk setidaknya mengerti dalam pengunaan teknologi informasi agar sesuai dan beriringan dengan perkembangan zaman.
Sedangakan dalam unsur aksiologi atau manfaat dari pembelajaran di Teknologi Pendidikan ini diharapkan kita dapat menyajikan pembelajaran yang efektif, efisien dan menarik untuk peserta didik, itu tujuan utama displin ilmu ini disamping pemerataan pendidikan. Jelasnya.
kesimpulannya kita harus dapat terus belajar karena belajar itu bisa kapan saja dimana saja dan kapan saja itulah tujuan dari Pembelajaran di Teknologi Pendidikan. Tutupnya.